Setahun Perjalanan P2MI di UAE

Pengurus dan anggota merayakan syukuran 1 tahunan berdirinya P2MI UAE dengan memotong tumpeng dan makan bersama pada tanggal 10 November 2017 tepat pada hari Pahlawan Nasional. Berdirinya P2MI UAE ini diikrarkan pada tanggal 2 November 2016 lalu dengan perwakilan dari beberapa Perwira Pelayaran Niaga di UAE yang berijazah Ahli Nautika dan Ahli Teknika mulai dari tingkat 3 sampai tingkat 1 dengan visi misi untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan PPN Indonesia di UAE.

Dari hasil rapat tahunan pengurus dengan anggota, dibahas banyak program kerja dan pencapaian pencapaian yang telah berhasil di kerjakan. Tidak lepas juga pembahasan tentang target kedepannya yang masih banyak harus dikerjakan demi kemajuan profesi Perwira Pelayaran Niaga ini.

Dari interaksi dengan anggota pada hari perayaan 1st Anniversary ini, ketua P2MI UAE Capt. Darwanto Simatupang mendapatkan satu hal yang harus diberikan secara terus menerus kepada semua Perwira Pelayaran Niaga (PPN) di seluruh UAE yaitu awareness. Masih banyak anggota yang masih asal ikutan tanpa mengetahui apa dan mengapa mereka bergabung dengan P2MI UAE. Ketua P2MI menyarankan agar semua PPN di UAE ini ikut aktif dan tetap menggunakan professionalitas-an mereka dalam bekerja dan bertindak, ini juga termasuk dalam keputusan para PPN dalam bergabung dan mengikuti program kerja P2MI UAE. P2MI UAE terbentuk atas dasar kebutuhan yang mendesak dari para PPN itu sendiri, yaitu tidak adanya single source of information yang reliable yang bisa menggabungkan semua perbedaan perbedaan yang dimiliki PPN yang ada di seluruh UAE ini, sehingga output nya juga tidak maksimal, bahkan banyak yang tidak terjangkau dan terbengkalai akibat hilangnya connectivity ini.

Dengan lahirnya P2MI UAE semua perbedaan perbedaan itu menjadi satu paguyuban yang kuat dan menjadikan jembatan yang menghubungkan antara PPN dengan Negara yaitu KBRI di UAE sehingga semua masalah masalah yang ada bisa ditangani dengan baik dan cepat.

Mari bekerja bersama untuk perubahan yang lebih baik kedepannya demi NKRI pada umumnya dan PPN itu sendiri secara khususnya. Kalau bukan kita yang memulainya siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi? Jangan kau tanyakan apa yang sudah Profesimu berikan padamu, tetapi tanyakanlah apa yang sudah dirimu berikan kepada Profesimu. P2MI UAE telah bekerja dan membuktikannya walau masih dalam sekala kecil tetapi pasti, bagaimana dengan anda para Perwira Pelayaran Niaga lainnya?

A/N: Team redaksi P2MI
10 Nov 2017, Abu Dhabi, UAE.