Abu Dhabi, UAE 19th Desember 2017

NORMAL DEVIATION LEAD INTO FATALITY CASE

Mendengar berita duka dari salah seorang MARINE PILOT kemarin membuat saya terenyuh dan sedih. Ini semua karena saya merasa saya tidak berbuat banyak untuk menyelamatkan nyawa nyawa mereka padahal semua kejadian kejadian ini bisa dihindari.

Baru saja 2 minggu lalu saya membahas tentang unsafe act dan unsafe condition yang terjadi dalam operasi Marine Pilot ini di Indonesia dengan salah satu junior saya yang kebetulan juga Marine Pilot disana.

Kita membahas tentang adanya “NORMAL DEVIATION” yang sudah menjadi culture dan habit disana, banyak kejadian kejadian dan observasi observasi yang diutarakan kepada manajamen hanya menjadi paperwork dan formalitas belaka. Deviasi deviasi yang terjadi dari semua standards dan best practice ini menjadi hal yang lumrah dan sudah menjadi kebiasaan (normal deviation). Salah satunya adalah unsafe condition dari tangga pandu yang tidak layak pakai ini yang menyebabkan kecelakaan FATALITY case.

Kami membahas tentang beberapa kali kejadian near miss incident berhubungan dengan tangga pilot ini, banyak kejadian putus dan sudah usang kondisinya tetapi operasi tetap berjalan tanpa ada root cause analysis dan corrective actions yang dilakukan untuk menghilangkan potential danger dan menurunkan high risk incident ini ke level ALARP.

Kapal Jasa Armada Indonesia Foto Credit : tempo.co

Di P2MI UAE, Saya selalu mengingatkan agar kesadaran akan SAFETY itu sangatlah penting, jangan anggap ini hanya paperwork dan additional workload, ini lebih kepada menyelamatkan PEAR (People, Environment, Assets and Reputation), terutama untuk diri kita sendiri!
Apabila kita meng observe keadaan yang tidak selamat (unsafe condition) jangan pula kita berbuat tidak selamat (unsafe act), kita harus STOP it and correct it. Kalo tidak, semua unsafe act dan unsafe conditions ini akan menyebabkan near miss dan bisa meningkat menjadi FATILITY case. Ini semua hanya tinggal menunggu waktu saja apabila tidak diambil tindakan yang proper segera untuk memperbaiki system dan implementasi nya.

Saya menghimbau kepada semua pihak pihak terkait terutama pihak management dari semua stakeholders untuk ikut aktif dalam menanggulangi keadaan keadaan yang unsafe condition and unsafe act yang “mungkin” sudah menjadi masalah chronic kita di Indonesia. Kita harus merubah hal hal yang tidak baik menjadi baik, kita harus membiasakan yang baik dan benar, bukan membenarkan kebiasaan!


Oleh: Capt. D. Simatupang, M.Mar, MSc (CC, CL, AFNI, MIMarEST, GradIOSH)
Professional Member of P2MI and IKPPNI.
Penulis adalah salah satu Marine HSE expert / Advisor di salah satu Perusahaan Minyak Terbesar di UAE.
Berpengalaman dibidang Marine, Logistic and HSE aspek serta mempunyai kualifikasi ganda (Marine dan HSE Professional)